Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

headline

LAYANAN SEBUAH KEYAKINAN DALAM DIRI SESEORANG

Dalam psikologi ada istilah Confirmatory Bias, bahwa manusia memiliki kecenderungan hanya memperhatikan hal-hal yang sejalan dengan keyakinannya saja, dan mengabaikan yang selain itu.

Contoh :

Robert jatuh cinta pada Bunga, ia yakin bahwa Bunga orangnya baik. Maka segala bentuk sifat Bunga yang buruk akan di tiadakan dalam pikiran Robert. Bagi Robert, Bunga adalah perempuan sempurna. Saat orangtua dan para sahabat mengatakan bahwa Bunga itu perempuan yang kurang baik, perangainya kasar, Robert bilang itu bukan kasar tapi tegas. Robert tetap mencintai Bunga.

Juni menyukai tokoh politik bernama Pak Mantap. Juni menyukainya karena visi misinya yang memperjuangkan wong cilik. Maka saat Pak Mantap punya kesalahan, yang ada dalam pikiran Juni kesalahan Pak Mantap itu bukan kesalahan, tapi perjuangan. 

Juni membela habis-habisan Pak Mantap yang sedang di bully di Medsos. Ia menulis status yang berpihak pada Pak Mantap, bahkan menjelek-jelekan lawan politik pak Mantap. 

Juni sebenarnya bukan orang yang tidak berpendidikan, ia sudah bergelar doktor di bidang ilmu science, tapi banyak orang mengatakan status FB Juni sungguh tidak sekelas seorang doktor.



Danu seorang manager di sebuah perusahaan swasta, prestasinya sangat gemilang saat ini. Karirnya dimulai dari bawah sekali. Ia mengawali karirnya dari seorang Office Boy karena waktu itu pendidikannya hanyalah SMA. 

Meski begitu ia memiliki keyakinan yang selalu didengungkan di kepalanya. Ia selalu mengatakan pada dirinya sendiri "Siapapun layak sukses. Mencapai prestasi yang tinggi. Siapapun layak dihormati". Meskipun banyak karyawan yang menyuruh ini dan itu bahkan ada yang meledeknya, Danu menganggap ledekan itu sebagai "bumbu" dari perjalanan hidupnya. 

Hingga pada suatu ketika ia memiliki kesempatan untuk menyisihkan uangnya dan cukup untuk mengambil kuliah kelas malam. Selepas bekerja ia tidak langsung pulang, namun kuliah. 4 tahun kemudian ia menjadi Sarjana dan karena kerjanya bagus, ia di angkat menjadi staf. 4 Tahun kemudian ia menjadi Manager. 

Dari ketiga cerita tersebut, kita bisa melihat bagaimana "Keyakinan" kita terhadap sesuatu diluar diri kita maupun didalam diri kita akan mengendalikan kehidupan kita meskipun kita tidak sadar.

Sehingga akan sangat lucu sekali saat dua orang yang memiliki keyakinan berbeda terlibat perdebatan yang membahas mengenai siapa yang paling benar dan siapa yang salah.

Siapa yang meyakini dirinya benar akan menyaring perkataan, data, fakta yang bisa meruntuhkan keyakinannya tersebut. Bahkan saat membaca tulisan yang mempertentangkan keyakinannya, dia tidak membacanya secara detil (perhatikan ini!). Dia hanya membaca sepintas karena hatinya terlanjur panas.


So, keyakinan kita itu entah darimana asalnya, perlu kita cek. Bukan benar atau salahnya saja, akan tetapi yang lebih penting membawa manfaat apa keyakinan saya ini? Dan apa manfaatnya jika saya men share keyakinan saya ini?


Keyakinan Danu mengenai dirinya akan sukses di masa depan tidak selalu benar, tapi saat dia yakin ia akan sukses, dia mengabaikan beban yang dirasa saat itu dan terus melihat gambaran dirinya yang sukses. Sehingga cara-caranya hanya fokus terhadap solusi bagaimana ia mencapai kesuksesan.


Kepandaian tidak menjamin seseorang memiliki keyakinan atas sesuatu itu efektif atau tidak efektif, karena saat orang sedang marah, benci, senang, fanatik, maka terjadi pembajakan di bagian otak yang bernama amygdala. 


Saat Amygdala dibajak, maka otak berpikirnya lumpuh. Ia menjadi tidak rasional. Sehingga tidak heran saat anda jumpai di time line anda, terdapat beberapa orang yang bergelar doktor, pemuka masyarakat, psikoterapis, motivator, dan bahkan pendidik mengatakan hal-hal yang kasar, subjektif, tidak pantas, tidak mencerminkan sisi intelektualitasnya. 


Ya...karena otaknya sudah dibajak emosi.


Benar sekali pesan dari Rasulullah SAW, bahwa kita tidak boleh mencintai dan membenci secara berlebihan. Sewajarnya saja.


Semoga kedamaian selalu bersama kita

Contact me     
Telegram Channel       : https://t.me/psikologikaindonesia
Telegram Group          : https://t.me/psikologikagroup
Facebook                      : https://www.facebook.com/psikologikaind
Youtube                        : https://www.youtube.com/channel/UCF9bwdJVtN3yb8G91CQQfvg
Whatsapp                     : https://wa.me/6285646097582


Post a Comment for "LAYANAN SEBUAH KEYAKINAN DALAM DIRI SESEORANG"