Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

headline

Stres? Memiliki rencana adalah solusinya




Setiap orang, termasuk anak-anak, pernah mengalami stres. Kondisi ini tidak selalu membawa efek buruk dan umumnya hanya bersifat sementara. Stres akan berakhir saat kondisi yang menyebabkan tekanan atau frustasi tersebut dilewati. Uniknya lebih banyak penderita stres mengalami kebingungan untuk mengatasi hal tersebut. Bukannya berhasil, kebanyakan dari penderita stres membuat kehidupannya semakin rumit karena tidak ada penyelesaian yang tepat.

Para penderita stres tersebut bukan tidak ingin mengurangi beban kehidupannya, akan tetapi mereka terhalang oleh langkah yang belum diketahui untuk dapat mengurangi beban yang sedang dihadapi. Beberapa tips dan trik berikut ini agar seseorang dapat mengurangi stres yang sedang di deritanya.

1. Kenali apa yang menyebabkan stres.
Ketika seseorang menghadapi kondisi yang memicu stres, tubuh secara alami akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin. Reaksi ini sebenarnya amandan membantu seseorang menghadapi situasi berbahaya atau mengancam, sehingga bisakeluar dari kondisi tersebut.

Ada berbagai situasi atau peristiwa yang dapat memicu terjadinya stres, antara lain:
- Pekerjaan rumah yang tidak kunjung selesai
- Tidak memiliki pekerjaan
- Beban tempat kerja
- Menjadi korban bully, pelecehan
- Bertengkar dengan teman atau pasangan
- Khawatir tidak bisa menyelesaikan pendidikan
- Menjalani proses peradilan
- Akan menikah atau bercerai

2. Gejala stres
Gejala stres yang muncul pada setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada penyebab dan cara seseorang memberikan responnya. Gejala stres dapat dibedakan menjadi
- Gejala emosi
- Gejala Fisik
- Gejala Kognitif
- Gejala perilaku

3. Meredakan stres
Stres sulit untuk dihindari. Jadi, hal yang terpenting adalah cara mengatasi stres, karena bila stres terjadi berkepanjangan, dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Ketika seseorang dapat memahami penyebab dan gejala stres, setidaknya mereka dapat merencanakan kegiatan untuk meredakan sehingga tidak terjadi stres yang berkepanjangan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan ketika dilanda oleh stres :
- Berolahraga secara teratur
- Menerapkan pola makan dengan gizi seimbang
- Membatasi konsumsi kafein
- Menghindari konsumsi alkohol dan NAPZA
- Tidur yang cukup
- Melakukan kegiatan yang menyenangkan hati, misalnya pergi liburan

Merencanakan kegiatan tersebut tidak mengindari stres. Akan tetapi, dapat mengurangi timbulnya stres. Melakukan relaksasipun dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh stres. misalnya, meditasi, aromaterapi, atau yoga.

Jika dirasa masih kurang dalam menangani stres yang timbul secara mandiri jangan ragu untuk datang ke psikolog dan psiktiater untuk penanganan dengan profesional dalam bidangnya.

Post a Comment for "Stres? Memiliki rencana adalah solusinya"