Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

headline

Emosi yang Terpendam dan Menjadi Bom Waktu

Menurut Anda, sebenarnya merasa emosi negative itu baik atau tidak sih?Mungkin ada sebagian dari anda yang menjawab “oh itu tidak baik mas Danang”

“Aku tak suka merasakan perasaan yang negative, rasanya tidak nyaman sekali. Aku harus menghindarinya”

Pertanyaannya adalah, apakah perasaan negative benar-benar harus di singkirkan?

Sebenarnya emosi adalah perangkat yang ada di dalam diri manusia yang sangat berguna. Emosi memberi tahu tentang pikiran apa yang saat ini sedang terjadi.

Analogi sederhananya adalah, ketika anda memegang sebuah panci panas, kira-kira apa yang anda rasakan? Tentu saja panas bukan?! lalu panci itu akan terus anda pegang atau anda letakkan? Karena panas, tentu saja anda akan memilih meletakkannya bukan?! agar kulit anda tidak melepuh dan terluka.

Bayangkan jika kulit anda tidak bisa merasakan panas. Kira-kira apa yang terjadi? 

Anda tetap memegang panci tersebut, sehingga kulit anda terbakar dan melepuh.

Jadi sebenarnya dalam kasus memegang panci panas, kira-kira mana yang paling bermanfaat? Rasa sakit karena merasa panas, atau tidak merasakan rasa apa-apa ketika memegang panci panas?

Dalam kasus tersebut, rasa sakit sangat berperan!


ORANG-ORANG PENGEJAR KESENANGAN DAN PENGHINDAR RASA SAKIT

Orang-orang yang tidak mau ada rasa sakit sedikitpun dalam hatinya. Ini membuat mereka melakukan cara-cara apapun agar rasa tidak enak di hati segera hilang. Bisa dengan segera traveling, segera menyalakan rokok, segera menyalahkan orang lain, dan segera-segera yang lain, agar terbebas dari rasa tidak enak.

Mereka mengejar kesenangan, dan menghindari kesengsaraan, tapi dengan cara yang naif.

Orang-orang ini akhrinya mengalami mati hati, mengalami rusak alarm, karena alarmnya selama ini segera di matikan sebelum menindaklanjuti apa maksud alarm tersebut. 


JADI HARUS BAGAIMANA DONG?

Ingat bahwa emosi adalah alarm. Dan yang lebih penting bukan mematikan alarmnya, tapi merespon apa maksud dari alarm berbunyi. Jika kita sudah melakukan hal yang tepat, maka sebenarnya alarm tersebut sudah tidak relevan lagi, sudah akan mati sendiri.

Jadi kesimpulannya, jangan hindari rasa sakit akan emosi negative yang hadir, akan tetapi selalu “BACA”, apa maksud atau apa pesan dari emosi negative tersebut. Jika sudah ketemu, maka segera TAKE ACTION, segeralah BERTINDAK.



Contact me     
Telegram Channel       : https://t.me/psikologikaindonesia
Telegram Group          : https://t.me/psikologikagroup
Facebook                      : https://www.facebook.com/psikologikaind
Youtube                        : https://www.youtube.com/channel/UCF9bwdJVtN3yb8G91CQQfvg
Whatsapp                     : https://wa.me/6285646097582

Post a Comment for "Emosi yang Terpendam dan Menjadi Bom Waktu"