Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

headline

Self Talk : Percakapan dalam diri

 Apa itu self talk ?

Banyak orang sadar akan adanya suara batin, bahkan diantaranya menghabiskan waktu untuk berdialog dengan suara batin. Mendukung atau mengalahkan, dialog dalam diri ini disebut self talk. Suara batin ini menggabungkan pikiran sadar dengan keyakinan dan memiliki bias yang tidak disadari. Self talk sangat efektif bagi seseorang dalam menafsirkan pengalaman sehari-hari.

Self talk memiliki pengaruh positif  apabila dialog tersebut bersifat mendukung, seperti “mengurangi rasa takut dan meningkatkan kepercayaan diri”. Akan tetapi, sifat alami dan secara umum manusia menggunakan self talk menjadi negatif, dan sering menggunakan pernyataan seperti “aku tidak bisa melakukan sesuatu dengan benar atau aku adalah manusia yang gagal”.

Sifat negatif ini akan tidak realistis ketika seseorang tidak melakukan apapun setelah berdialog didalam dirinya. Sifat negatif dapat melumpuhkan bahkan membunuh seseorang jika tidak sanggup berbuat apapun. Kritikan negatif pada dasarnya dapat dan harus dilawan, menjadikannya lebih sadar bahwa hal itu hanya masalah dilangkah awal.

Orang dengan kecemasan dan depresi sering mengalami selk talk negatif bahkan mereka terjebak dalam pikiran itu dan tidak bisa berbuat apapun karena pikiran yang terlalu kritis, sebagian dari mereka bahkan menyerang hingga melukai dirinya sendiri. Kasus seperti ini dibutuh terapi perilaku bersama psikolog untuk penyembuhannya.

Dalam kasus lebih ringan dapat dihilangkan dengan terapi mandiri dengan mencoba memunculkan dialog yang lebih positif dengan suara batin. Memberikan sedikit jarak ketika sedang terajadi dialog dalam diri sangat dianjurkan agar tidak menimbulkan persepsi yang berlebihan tentang hal yang sedang terjadi.


Contact me     
Telegram Channel       : https://t.me/psikologikaindonesia
Telegram Group          : https://t.me/psikologikagroup
Facebook                      : https://www.facebook.com/psikologikaind
Youtube                        : https://www.youtube.com/channel/UCF9bwdJVtN3yb8G91CQQfvg

Whatsapp                     : https://wa.me/6285646097582

Post a Comment for "Self Talk : Percakapan dalam diri"