Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

headline

Pengertian Psikologi dan Manfaatnya

 Apa yang dimaksud dengan psikologi? Secara umum, pengertian psikologi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah.



Psikologi adalah ilmu tentang mental manusia. Lebih lengkapnya, psikologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari lebih mendalam tentang mental, pikiran dan perilaku manusia. Ilmu psikologi ini akan meneliti alur pemikiran manusia serta alasan di balik tindakan yang dilakukan manusia.

Pendapat lain mengatakan arti psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan kejiwaan manusia. Pada praktiknya, ilmu psikologi melakukan pengamatan dan analisis terhadap suatu organisme berdasarkan pengalaman yang diperoleh melalui panca indera.



Manfaat
1. Bagi manusia, sangat penting untuk memahami dirinya sendiri dan hubungannya dengan lingkungan. Dengan mempelajari psikologi maka seseorang dapat mengenal kepribadiannya sendiri, watak, dan dapat mengedintifikasi masalah psikologis pada diri sendiri dan orang lain.

2. Mereka yang memiliki pengatahuan yang cukup baik tentang psikologi dapat memahami mengapa seseorang menunjukkan perilaku tertentu. Ada banyak teori psikologi yang menjelaskan penyebab perilaku tertentu, sehingga seseorang dapat menjelaskan suatu perilaku dan cara menghadapinya.

3. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang psikologi, maka seseorang dapat membantu orang lain dalam menyelesaikan masalahnya. Dalam hal ini, seseorang tidak harus menjadi psikolog, tapi setidaknya mengetahui teori-teori psikologi sehingga dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda dan memberikan pilihan solusi untuk menghadapinya.

Post a Comment for "Pengertian Psikologi dan Manfaatnya"