Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

headline

Sejarah Psikologi Sebuah Cacatan Kecil

Apa Itu Psikologi? Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog.
Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok. Selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku. Apa itu Psikologi?

Etimologi Psikologi.

Apa itu Psikologi? Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno:
“ψυχή” (Psychē yang berarti jiwa) dan “-λογία” (-logia yang artinya ilmu. Sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa.

Sejarah Psikologi.

Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan panjang. Konsep psikologi dapat ditelusuri jauh ke masa Yunani kuno. Psikologi memiliki akar dari bidang ilmu filosofi yang diprakarsai sejak zaman Aristoteles sebagai ilmu jiwa. Yaitu ilmu untuk kekuatan hidup (levens beginsel).

Aristoteles memandang ilmu jiwa sebagai ilmu yang mempelajari gejala – gejala kehidupan. Jiwa adalah unsur kehidupan (Anima), karena itu tiap – tiap makhluk hidup mempunyai jiwa.

Dapat dikatakan bahwa sejarah psikologi sejalan dengan perkembangan intelektual di Eropa. Dan mendapatkan bentuk pragmatisnya di benua Amerika. Apa itu Psikologi?

Psikologi sebagai ilmu pengetahuan.

Walaupun sejak dulu telah ada pemikiran tentang ilmu yang mempelajari manusia dalam kurun waktu bersamaan dengan adanya pemikiran tentang ilmu yang mempelajari alam. Akan tetapi karena kerumitan dan kedinamisan manusia untuk dipahami, maka psikologi baru tercipta sebagai ilmu sejak akhir 1800-an. Yaitu sewaktu Wilhem Wundt mendirikan laboratorium psikologi pertama di dunia.

Post a Comment for "Sejarah Psikologi Sebuah Cacatan Kecil"